Relationship of Post Natal Care Client Satisfaction to the Quality of Midwife Services at the Puskesmas

Hatijar Hatijar, Risma Putri Utama, Dian Susanti Toyo

  • Hatijar Hatijar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
  • Risma Putri Utama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
  • Dian Susanti Toyo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
Keywords: pascapersalinan, keandalan, daya tanggap, empati

Abstract

Pendahuluan; cara untuk mengurangi angka kematian ibu, perlu adanya kualitas pelayanan yang di perlukan oleh setiap klien karena dengan pelayanan yang baik dapat menumbuhkan kepercayaan klien terhadap pelayanan. Tujuan; untuk mengetahui hubungan Kepuasan Klien Post Natal Care terhadap kualitas pelayanan Bidan. Metode; penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Hasil; menunjukkan ada hubungan antara ketanggapan bidan dengan kepuasan klien post natal care serta ada hubungan antara perhatian bidan dengan kepuasan klien post natal care. Kesimpulan: bahwa ada hubungan antara pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu nifas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hatijar Hatijar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso

Departemen Kebidanan

Risma Putri Utama, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso

Departemen Kebidanan

Dian Susanti Toyo, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso

Departemen Kebidanan

References

Bustami, M. S. (2011). Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya.

Cahyawati, F. E. (2012). Analisis Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Post Sectio Caesaria Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta.

Dahlan, A. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Bidan Dalam Memberikan Asuhan Sayang Ibu Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin. Journal Of Social And Economics Research, 2(1), 6–22.

Fauziah, N., Marfuah, D., & Nuswantoro, B. (2018). Pencapaian Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan Ibu Nifas di RSUD Surakarta. Menara Medika, 1(1).

Fimanaya, F., & Syafruddin, M. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011). Diponegoro Journal of Accounting, 397–407.

Harahap, H. P., Sikumbang, S. R., & Manalu, F. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Nifas di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Kesehatan Global, 3(3), 130–139.

Hatijar, H., & Saleh, I. (2020). Relationship between Knowledge and Mother’s Attitudes Toward Choice of Intrauterine Contraception Method. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(2 SE-Articles). https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.469

Jabir, H. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Hamil dalam Pemeriksaan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1 SE-Articles). https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.346

Kurniati, C. H. (2020). Hubungan antara kualitas bidan dalam pelayanan antenatal care terhadap persepsi ibu hamil. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 10(1), 36–40.

Lahdji, A., Setiawan, M. R., & Purnamasari, W. I. (2017). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 5(2).

Masitahsari, U. (2015). Analisis Kinerja Pegawai di Puskesmas Jongaya Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Mulat, T., & Hartaty, H. (2019). Pengaruh Peran Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Diruang Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2 SE-Articles). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.105

Mulyaningsih, M. (2013). Peningkatan Perilaku Caring Melalui Kemampuan Berpikir Kritis Perawat. Jurnal Manajemen Keperawatan, 1(2), 111613.

Nazariah, N., & Marianthi, D. (2016). Tingkat Kepuasan Ibu Post Partum Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 1(1).

Ndruru, D. L. P., Wau, H., & Manalu, P. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Persalinan Dengan Kepuasan Ibu Bersalin di Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Rsia) Sriratu Medan Tahun 2019. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 4(2), 99–109.

Pananrangi.M, A., Nippi, A., Panyyiwi, R., & Suprapto, S. (2020). Quality of Health Services at Public Health Center Padongko. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2 SE-Articles). https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.398

Reinissa, A., & Indrawati, F. (2017). Persepsi Ibu Nifas tentang Mutu Pelayanan Postnatal Care dengan Kunjungan Ulang. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 33–42.

Sagita, Y. D., & Septiyani, L. (2019). Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil. Wellness And Healthy Magazine, 1(1), 23–28.

Sari, R. N. (2012). Hubungan Motivasi Belajar dan Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Belajar Mengajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Madiun. UNS (Sebelas Maret University).

Suprapto, S., Rifdan, R., & Gani, H. A. (2021). Nurse capacity building strategy in health services in hospitals. Linguistics and Culture Review, 5(S1 SE-), 832–838. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1467

Suprapto, T. C. M., & Lalla, N. S. N. (2020). Environmental and Personality Influences on Nurse Discipline Public Health Center. International Journal of Nursing Education, 12(4), 271–274. https://doi.org/https://doi.org/10.37506/ijone.v12i4.11262

Susilawati, D., & Nilakesuma, N. F. (2021). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pencapaian Kepuasan Layanan Masa Nifas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 612–615.

Published
2021-12-31
How to Cite
Hatijar, H., Utama, R., & Toyo, D. (2021). Relationship of Post Natal Care Client Satisfaction to the Quality of Midwife Services at the Puskesmas. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 585-591. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.654

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.