EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN HOMECARE DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BAROMBONG KOTA MAKASSAR

Suprapto Suprapto

Abstract

Penyelenggara pelayanan publik kurang mampu memberikan pemahaman kepada publik tentang mekanisme pelayanan yang diselenggarakan sehingga pengguna layanan lebih banyak merasa kecewa. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, pengguna pelayanan (costumer) semakin memiliki daya kritis yang tinggi terhadap kebijakan pemerintah, serta didukung oleh kesadaran yang tinggi atas haknya. Tuntuntan publik ini mau tidak mau harus direspon secara positif dengan cara menyuguhkan pelayanan yang mampu membuat publik puas. Karena berhasil tidaknya sebuah kebijakan diukur dari tingkat kepuasan public. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaam media layanan Homecare; (2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan dalam pelayanan homecare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yakni mendeskripsikan atau menggambarkan data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada pengguna layanan Homecare yakni masyarakat. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel cluster sampling dengan berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan homecare dianggap efektif, dilihat dari 5 faktor yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung yang diberikan petugas. Adapun kepuasan dari layanan homecare, masyarakat merasa puas dengan layanan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, Sahya.2012. Ilmu Administrasi Negara:Kajian Konsep, Teori, Dan Fakta Dalam Upaya Menciptakan Good Governance. Bandung:CV.PustakaSetia.

Azwar, Azrul.1996. Pengantar Pelayanan Dokter Keluarga. Jakarta:Yayasan penerbitan ikatan dokter Indonesia

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

Denhard, Janet V, 2000. The New Public Service. NewYork : M.E. Sharpe inc

Dunn, William N. 1999. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gunara, Thorik & Hardiono, U.S.,2006. Marketing,Takbir Publishing House: Bandung

Katz, E., Blumer J.G. Dan Gurevitch, M. 1974. ‘Utilizationof mass communication by te individual’, dalam J.G Blumer dan E. Katz (eds), The Uses of Mass Communication. Baverly Hills: Sage.

Kirom, Bahrul.2009.Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.Bandung: Pustaka Reka Cipta

Kotler, Keller.2007. Manajemen Pemasaran I Edisi Keduabelas. Jakarta: PT Indeks

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kriyanto, Rachmat.2006.Teknik Praktis Riset Komunikasi.Jakarta: Kencana

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta:PT.RinekaCipta

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijjakan Publik dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan.2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Depok: PT.Raja Grafindo Persada

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, Dan Studi Kasus,Jakarta: PT. Buku Seru.

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Kesehatan No. 128 Tahun 2004 Tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat

Published
2018-12-01
How to Cite
suprapto, suprapto. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN HOMECARE DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BAROMBONG KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(2), 201-204. https://doi.org/10.35816/jiskh.v8i2.51
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.