Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 01 Rajabasa Bandar Lampung

Ringgo Alfarisi, Yuniastini, Astri Pinilih, Putri Nur Oktavia Jauhari

  • Ringgo Alfarisi Universitas Malahayati
  • Yuniastini Yuniastini Universitas Malahayati
  • Astri Pinilih Universitas Malahayati
  • Putri Nur Oktavia Jauhari Universitas Malahayati
Keywords: Breakfast, Academic Achievement

Abstract

Latar Belakang: Latar Belakang: Energi yang adekuat pada saat sarapan pagi diperlukan untuk menunjang aktivitas belajar khusunya bagi anak sekolah. Energi diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh masing-masing anak. Anak yang seringkali melewatkan sarapan sangat tidak dianjurkan. Melewatkan sarapan membuat anak tidak berenergi karena perut kosong sehingga anak menjadi susah untuk memfokuskan pikiran di sekolah. Hal tersebut sangat tidak mendukung dalam peningkatan prestasi belajar. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adakah hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar pada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Rajabasa di Bandar Lampung. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil Penelitian: Dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden, responden dengan sarapan pagi tidak rutin didapatkan 12 siswa, dimana 8 siswa (66,7%) prestasi belajar dibawah rata-rata dan 4 (33,3%) siswa prestasi belajar diatas rata-rata. Kemudian, responden yang sarapan pagi rutin didapatkan 48 siswa, dimana 6 siswa (12,5%) prestasi belajar dibawah rata-rata, dan 42 siswa (76,0%) prestasi belajar diatas rata-rata. Berdasarkan hasil uji fisher exact test hasil penelitian menunjukkan nilai p value sebesar 0,000 (≤0,05) yang berarti bahwa sarapan pagi dengan rutin mendukung dalam peningkatan prestasi belajar siswa OR = 14. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa-siswi SDN 01 Rajabasa Bandar Lampung. Kata Kunci : Prestasi belajar, Sarapan pagi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ringgo Alfarisi, Universitas Malahayati

Departemen Fakultas Kedokteran

Yuniastini Yuniastini, Universitas Malahayati

Departemen Fakultas Kedokteran

Astri Pinilih, Universitas Malahayati

Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran

Putri Nur Oktavia Jauhari, Universitas Malahayati

Mahasiswa Program Studi Kedokteran

References

Erlyningrum, D., 2019 Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Badan Penerbit Politeknik Kesehatan Semarang.

Hanif, E.S., Hubungan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Semester 2 Pada Modul BSN III UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2016).

Hardinsyah, & Anwar, k. (2018) Mitos Dan Fakta Sarapan. Bogor : PERGIZI PANGAN Indonesia dan Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB.

Hardinsyah, H. and Aries, M., 2012. Jenis Pangan Sarapan Dan Perannya Dalam Asupan Gizi Harian Anak usia 6—12 Tahun Di Indonesia. Jurnal Gizi dan Pangan, 7(2), pp.89-96.

Hartoyo, E, Sholihah, Q, Fauzia, R, dan Rachma, D. (2015) Sarapan Pagi Dan Produktivitas, Malang : Universitas Brawijaya press ( UB Press).

http://pergizi.org. Diakses tanggal 9 Januari 2013.

Iqbal, F.M., 2015. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Isnaini, W., 2017. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Waringinsari Barat Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Lampung.

Kalsum, U. and Halim, R., 2016. Kebiasaan Sarapan Pagi Berhubungan Dengan Kejadian Anemia pada Remaja di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Sains, 18(1).

Noviyanti, R.D. and Kusudaryati, D.P.D., 2018. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 16(1), pp.72-77.

Rahma, F., 2016. Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sdn Sawahan I/340 Surabaya. AntroUnairdotNet. 5 (3), 576.

RI, K.K., 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 41 tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Riskesdas, R.I., 2010. Profil Kesehatan Indonesia 2010 Menuju Indonesia sehat. Departemen Kesehatan RI: Jakarta.

Slameto, B., 1988. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Bina Aksara.

Verdiana, L. and Muniroh, L., 2018. Kebiasaan Sarapan Berhubungan Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SDN Sukoharjo I Malang. Media Gizi Indonesia, 12(1), pp.14-20.

Published
2020-06-30
How to Cite
Alfarisi, R., Yuniastini, Y., Pinilih, A., & Jauhari, P. (2020). Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 01 Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 164-169. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.237
Section
Articles