Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati
Hesty Ahisya,Deviani Utami, Supriyati, Achmad Farich
Abstract
Latar Belakang: Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seseorang dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan memecahkan soal. Prestasi belajar adalah cerminan hasil nilai yang dicapai dari pembelajaran pada akhir program studi. gaya belajar memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar atau nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Tujuan: untuk mengetahui perbedaan antara gaya belajar visual, auditory, read/write, dan kinesthetic dengan hasil prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati angkatan 2018.Metode: Desain penelitian ini menggunakan pendekatan analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 118 orang . Analisis data menggunakan uji one way ANOVA. Hasil: Nilai rata-rata IPK dari 118 responden mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati yaitu 2,90 dengan standar deviasi 0,39. Sebagian besar gaya belajar responden adalah gaya belajar kinesthetic sebanyak 68 orang (57,6%). Ada perbedaan yang bermakna secara statistik antara gaya belajar visual, auditory, read/write, dan kinesthetic terhadap hasil prestasi belajar mahasiswa dengan diperoleh nilai p-value=0,000. Kesimpulan: Ada perbedaan yang bermakna secara statistik antara gaya belajar visual, auditory, read/write, dan kinesthetic dengan hasil prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2018
Downloads
References
Abdillah, R., Pamungkasari, E. P., & Damayanti, K. E. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Nexus Pendidikan Kedokteran & Kesehatan, 6(1), 59–66.
Ahmadi & Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anwar, T. M., Lisiswanti, R., Wulan, A. J., & Saftarina, F. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam Diskusi Problem-Based Learning Blok Agromedicine The Relationship of Learning Style and Activeness of Medical Students Universitas Lampung in Problem Based Learning Discussion of Agromedicine Block, 9, 140–147
De Porter, B dan Hernacki, M. (2009). Quantum Learning: Membiasakan belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Fleming, N. D. (2012). Facts, Fallacies and Myths: VARK and Learning Preferences Learning Style or Learning Preferences ?, (December), 3. Retrieved from http://vark-learn.com/wp-content/uploads/2014/08/Some-Facts-About-VARK.pdf
Hamalik O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. kbbi.kemendikbud.go.id diakses pada 01 September 2019 jam 21.00. (n.d.).
Liew, S. C., Sidhu, J., & Barua, A. (2015). The relationship between learning preferences (styles and approaches) and learning outcomes among pre-clinical undergraduate medical students Approaches to teaching and learning. BMC Medical Education, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-015-0327-0
Lubis, S. A., Pertiwi, M. D., & Batubara, S. S. (2018). Hubungan Gaya Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan Tahun 2013. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 53–63. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.853
Malik, U. K., Emilia, O., Rahayu, R. G., Ibrahim, J., Kedokteran, F., & Muhammadiyah, U. (2014). Aplikasi gaya belajar pada kegiatan belajar mandiriMahasiswa tahun pertama fakultas kedokteranUniversitas muhammadiyahMakassar, 1(4), 26–32.
Musrofi, M. (2010). Melesatkan Prestasi Akademik Siswa. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Pourhosein Gilakjani, A. (2011). Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 2(1), 104. https://doi.org/10.5296/jse.v2i1.1007
Saad Al-Saud, L. M. (2013). Learning style preferences of first-year dental students at King Saud University in Riyadh, Saudi Arabia: Influence of gender and GPA. Journal of Dental Education, 77(10), 1371–1378.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.