Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Nosokomial Pada Diruang Perawatan Rs Tajuddin Chalik Makassar

Maria Sumaryati

  • Maria Sumaryati Akademi Keperawatan Sandi Karsa

Abstract

Infeksi nosokomial merupakan masalah utama yang harus dihadapi setelah pemasangan kateter. Selama pasien dirawat di bangsal perawatan, perawat adalah orang yang bertanggung jawab dalam observasi dan upaya pencegahan infeksi nasokomial, yaitu dengan memberikan tekhnik perawatan yang aman dan nyaman bagi pasien dan dengan berdasarkan pada prinsipprinsip tehnik aseptik. Merupakan salah satu upaya pencegahan dan atau meminimalkan onset dan penyebaran infeksi nosokomial Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, pendidikan dan lama kerja perawat terhadap upaya pencegahan infeksi nosokomial Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu perawat pelaksana yang melakukan perawatan kateter. Jumlah sampel sebanyak 24 responden. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Variabel independen meliputi pengetahuan dalam upaya pencegahan infeksi  Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan baik dan memiliki perilaku pencegahan infeksi nosokomial dengan baik adalah sebesar 10 orang (38,5%) sedangkan yang memiliki pengetahuan kurang Baik dan perilaku pencegahan infeksi nosokomial dengan baik sebesar 5 orang (19,2%). Responden yang memiliki pengetahuan rendah dan kurang mampu dalam melakukan upaya pencegahan infeksi nosokomial dengan baik adalah sebesar 10 orang (38,5% Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya pencegahan infeksi nosokomial pada pemasangan kateter dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan yang baik sebagai pemotivasi dalam meningkatkan kesadaran untuk melakukan hal-hal positif terutama dalam menerapkan keterampilan yang dimiliki. Saran perlu adanya peningkatan sumber daya manusia utamanya perawat melalui pendidikan atau pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan khususnya dalam Pengendalaiandan pencegahan infeksi nosokomial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maria Sumaryati, Akademi Keperawatan Sandi Karsa

Kesehatan Masyarakat

References

Gruendemann, Fersebner. 2010. Buku Ajar Keperawatan Perioperatif. EGC, Jakarta
Hidayat Alimul Aziz. 2009. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Salemba Medica, Jakarta.
Kusyati. 2009. Keterangan dan Prosedur Laboratorium Keperawatan Dasar. EGC, Jakarta.
Luhulima, J, W. 2010. Pendidikan Dalam Keperawatan. FK UH. Makassar.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Nursalam. 2010. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta.
Palette Tandi. 2010. Hubungan Tingkat Pendidikan, Lama Masa Dinas, Jumlah Pelatihan Dan Tingkat Pengetahuan Tentang Pengkajian Fisik Pada Perawat Ruang Interna Dan Bedah RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. PSIK UNHAS Makassar.
Potter dan Perry. 2010. Keterampilan Dan Prosedur Dasar. Edisi 5. EGC, Jakarta.
Sarwono Solita. 2009. Sosiologi Kesehatan, Gadjah Mada University Press, Jakarta.
Schaffer, S. D., Garzon, L. S., Heroux, D. L., dan Korniewicz, D. M. 2009. Pencegahan Infeksi dan Praktek yang Aman. Alih Bahasa: Setiawan. EGC, Jakarta.
Seniwati. 2009. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Perawat Dalam Pencegahan Infeksi Nosokomial Di Ruang Perawatan Lontara III RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. PSIK UNHAS Makassar.
Siagian. 2009. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Edisi IV. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Smeltzer, Suzanne C. 2010. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8. Vol. EGC, Jakarta.
Tietjen, L., Bossemeyer, B., dan Mc Intos, N. 2010. Panduan Pencegahan Infeksi Untuk fasilitas Pelayanan KesehatanDengan Sumber Daya Terbatas, Yayasan Bina Pustaka , Jakarta.
Tim Penyusun. 2015.
Published
2017-12-21
How to Cite
Sumaryati, M. (2017). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Nosokomial Pada Diruang Perawatan Rs Tajuddin Chalik Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 6(2), 20-33. https://doi.org/10.35816/jiskh.v6i2.202
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.