Peer-Reviewer

Kebijakan Editorial

  • » Fokus dan Lingkup
  • » Kebijakan Bagian
  • » Proses Tinjauan Sebaya
  • » Kebijakan Akses Terbuka
  • » Karangan dan Plagiarisme
  • » Etika Publikasi
  • » Biaya Publikasi

Fokus dan Cakupan 

Fokus JIKSH: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada adalah kesehatan masyarakat sebagai disiplin dan praktik yang berkaitan dengan langkah-langkah preventif dan promotif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang menerapkan berbagai teknik. Fokus ini mencakup bidang dan ruang lingkup seperti Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Keperawatan Home Care dan Kesehatan Medis

Jurnal ini menggunakan mekanisme peer-review di mana setiap artikel yang diajukan harus ditinjau secara anonim oleh rekan ahli yang ditunjuk oleh editor. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini bisa dalam bentuk artikel asli dan artikel ulasan yang diundang . 

Kebijakan Bagian

Artikel

DiperiksaBuka Pengajuan DiperiksaDiindeks DiperiksaPeer diulas
 

Proses Tinjauan Sebaya 

Jurnal ini menggunakan mekanisme peer-review di mana setiap artikel yang diajukan harus ditinjau secara anonim oleh rekan ahli yang ditunjuk oleh editor. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini bisa dalam bentuk  artikel asli  dan  artikel ulasan yang diundang .

Artikel yang dipublikasikan di JIKSH: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada akan melalui proses peninjauan oleh reviewer terpilih. Keputusan tentang penerimaan suatu artikel adalah benar di Tim Editor berdasarkan saran dan komentar dari reviewer diputuskan dalam pertemuan tim editorial. Artikel yang diterima akan diteliti keberadaan unsur plagiarisme dengan menggunakan program Ithenticate. 

Kebijakan Akses Terbuka 

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.Semua artikel yang diterbitkan Akses Terbuka akan segera gratis dan permanen untuk dibaca dan diunduh oleh semua orang. Kami terus bekerja dengan komunitas penulis kami untuk memilih pilihan terbaik dari opsi lisensi,

• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) 

Karangan dan Plagiarisme 

Karangan artikel harus dibatasi pada mereka yang telah berkontribusi cukup untuk mengambil tanggung jawab publik atas konten. Kontribusi ini meliputi (a) konsepsi dan desain, analisis dan interpretasi data, atau keduanya; (B) menyusun artikel atau merevisinya dengan kritis untuk konten intelektual penting; (c) persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; dan (d) perjanjian untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dengan memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan atau integritas bagian mana pun dari pekerjaan itu diselidiki dan diselesaikan dengan tepat. Pengajuan ke JIKSH: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada ditafsirkan oleh jurnal yang berarti bahwa semua penulis yang terdaftar telah setuju dengan semua konten artikel. Penulis (pengirim) yang sesuai bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perjanjian ini telah tercapai, dan untuk mengelola semua komunikasi antara jurnal dan penulis bersama sebelum dan sesudah publikasi. Segala permintaan untuk perubahan pada daftar penulis setelah diserahkan, seperti perubahan dalam urutan penulis, atau penghapusan atau penambahan penulis perlu disertai dengan surat yang ditandatangani oleh semua penulis asli. Surat itu harus dipindai dan dikirim kelppm.akpersk@gmail.com oleh penulis yang menyerahkan. JIKSH: editor Scientific Journal of Health Sandi Husada berasumsi bahwa pada kolaborasi multi-kelompok, satu anggota dari setiap kolaborasi, biasanya anggota paling senior dari setiap kelompok yang mengajukan telah menerima tanggung jawab atas kontribusi pada naskah dari tim mereka.

Adalah tanggung jawab penulis yang bersangkutan untuk memastikan bahwa:

  1. Artikel ini adalah karya asli dan tidak melibatkan penipuan, pemalsuan, atau plagiarisme.
  2. Artikel ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan saat ini belum dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Jika diterima oleh JIKSH: Jurnal ilmiah Kesehatan Sandi Husada, artikel tersebut tidak akan dikirim untuk publikasi ke jurnal lain.
  3. Artikel ini tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar privasi individu, hak kepemilikan, atau hak cipta menurut undang-undang.
  4. Mereka memiliki izin tertulis dari pemilik untuk setiap kutipan dari karya berhak cipta yang disertakan dan telah mengkredit sumber-sumber dari mana mereka diperoleh.
  5. Semua penulis telah membuat kontribusi yang signifikan untuk penelitian ini termasuk konsepsi dan desain artikel, analisis data, dan penulisan naskah.
  6. Semua penulis telah meninjau naskah, bertanggung jawab atas isinya dan menyetujui publikasi.
  7. Semua penulis mengetahui dan menyetujui ketentuan perjanjian penerbitan ini.

Setiap artikel yang dikirimkan ke JIKSH: Jurnal ilmiah Kesehatan Sandi Husada disaring oleh perangkat lunak Turnitin 

Etika Publikasi

 Etika Publikasi dan Malpraktek  Jurnal JIKSH

Dalam menangani kasus-kasus dalam penelitian dan publikasi, Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional menggunakan pedoman yang dikeluarkan oleh Komite Etika Publikasi (Komisi Etika Publikasi / COPE )  dalam semua aspek etika publikasi, khususnya, protokol penelitian dan pelanggaran publikasi. JIKSH: Jurnal Imiah Kesehatan Sandi Husada mengharuskan semua artikel yang melibatkan subyek manusia untuk menghormati prinsip-prinsip etika penelitian seperti yang dinyatakan dalam Deklarasi Helsinki. Penelitian yang melibatkan hewan sebagai subjek juga diharuskan untuk mematuhi Prinsip Internasional untuk Penelitian Biomedis yang dikeluarkan oleh Dewan Internasional Organisasi Ilmu Kedokteran (CIOMS). Untuk naskah penelitian yang melibatkan percobaan pada vertebrata hidup dan / atau invertebrata yang lebih tinggi, penulis yang sesuai harus mengkonfirmasi bahwa semua percobaan dilakukan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang relevan. Naskah harus menyertakan pernyataan yang mengidentifikasi lembaga dan / atau komite lisensi yang menyetujui percobaan, termasuk perincian yang relevan. Naskah yang kurang pertimbangan etis untuk subjek manusia atau hewan tidak akan diterima untuk publikasi.

Untuk eksperimen yang melibatkan subyek manusia, penulis harus mengidentifikasi komite yang menyetujui eksperimen dan pengajuannya harus menyertakan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa persetujuan berdasarkan informasi diperoleh dari semua subjek. Penulis yang menggunakan uji coba terkontrol acak fase II dan III dalam studi mereka harus merujuk pada Pernyataan CONSORT untuk rekomendasi yang memfasilitasi pelaporan temuan uji coba yang lengkap dan transparan.

Semua eksperimen hewan harus mematuhi pedoman institusional dan nasional untuk perawatan dan penggunaan subjek hewan, dan ini harus secara jelas dinyatakan dalam naskah. Naskah harus berisi pernyataan yang menyarankan semua upaya dilakukan untuk meminimalkan penderitaan hewan dan mengurangi jumlah hewan yang digunakan, dan jika tersedia, upaya untuk memanfaatkan alternatif untuk teknik invivo.

Sebagai masalah penting, publikasi etis harus jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian. JIKSH: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada menyesuaikan untuk memenuhi standar etika baik untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas. Untuk menegakkan standar etika ini, penerbit tidak memiliki hak untuk mengganggu integritas konten dan satu-satunya dukungan untuk mempublikasikan secara tepat waktu.

Berikut adalah standar etika untuk editor, penulis, dan pengulas.

Editor

  1. Editor bertanggung jawab atas setiap artikel yang diterbitkan di JIKSH: Scientific Journal of Health Sandi Husada
  2. Editor membantu penulis mengikuti pedoman untuk penulis
  3. Para editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan akhir.
  4. Editor menilai publikasi manuskrip secara objektif, terlepas dari latar belakang ras, agama, jenis kelamin, senioritas, etnis, kepercayaan politik, afiliasi kelembagaan, atau kebangsaan penulis. Editor harus melepaskan tugasnya jika ada potensi konflik kepentingan.
  5. Editor harus memastikan bahwa dokumen yang dikirim ke pengulas tidak berisi informasi tentang penulis dan sebaliknya.
  6. Keputusan editor harus diberitahukan kepada penulis bersama dengan komentar pengulas, kecuali yang berisi pernyataan ofensif atau fitnah.
  7. Editor harus menghormati permintaan penulis bahwa pesanan tidak dapat ditinjau oleh orang lain dengan alasan apa pun.
  8. Editor dan semua staf harus memastikan kerahasiaan naskah yang dikirimkan.
  9. Jika ada kecurigaan kesalahan atau perselisihan secara tertulis, Editor menyelesaikannya dengan menggunakan COPE sebagai panduan.

Peninjau

  1. Peninjau mengomentari kemungkinan kesalahan dalam penelitian dan publikasi etis.
  2. Peninjau harus menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memberi tahu Editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.
  3. Peninjau harus menjaga kerahasiaan naskah.
  4. Peninjau tidak boleh menerima dan meninjau ulang naskah jika ada potensi konflik kepentingan antara mereka dan penulis.

Penulis

  1. Penulis memastikan bahwa materi yang akan diterbitkan belum dipublikasikan dan dikirim ke tempat lain secara bersamaan
  2. Penulis harus memastikan keaslian penelitian mereka dan mereka telah mengutip pendapat orang lain dengan benar sesuai dengan format referensi.
  3. Penulis tidak terlibat dalam plagiarisme.
  4. Publikasi 'Salami' dilarang di Jurnal Kesmas
  5. Penulis harus mengikuti kriteria yang dijelaskan dalam pedoman penulisan untuk penulis Kesmas: National Public Health Journal.
  6. Penulis tidak disarankan untuk mempublikasikan informasi pribadi yang dapat membuat identitas pasien dikenali dalam bentuk bagian deskripsi, foto atau silsilah. Jika foto-foto pasien sangat penting dan sangat diperlukan sebagai informasi ilmiah, penulis harus mendapat persetujuan dalam bentuk tertulis dan telah menyatakannya dengan jelas.
  7. Dalam kasus percobaan pada manusia, penulis menyatakan bahwa penelitian ini sesuai dengan standar etika deklarasi Helsinki, yang memimpin eksperimen manusia. Jika ada keraguan yang muncul apakah penelitian dilakukan sesuai dengan deklarasi, penulis harus menjelaskannya. Dalam kasus percobaan pada hewan, penulis telah menyatakan bahwa penulis telah mengikuti pedoman dan di luar negeri berkaitan dengan percobaan hewan di laboratorium.
  8. Penulis harus menyerahkan data dan detail kepada editor, jika diduga pemalsuan atau pembuatan data.
  9. Para penulis harus menjelaskan segala sesuatu yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultasi, dan kekayaan intelektual tentang pedoman untuk JIKSH: penulis Scientific Journal of Health Sandi Husada. 

Biaya Publikasi

 Biaya Penanganan Naskah

Penulis dikenakan biaya penanganan $ (500.000 IDR) untuk setiap naskah yang diterima di JIKSH: Scientific Journal of Health Sandi Husada

Mengenai manuskrip untuk edisi khusus dengan masalah tematik, suplemen, dan biaya penanganan lanjutan, silakan hubungi kami melalui telepon +620812 4280 0025 atau email: lppm.akpersk@gmail.com.

Pembaca dapat membaca dan mengunduh artikel teks lengkap apa pun secara gratis.

Pembayaran Biaya Penanganan Naskah

Setelah naskah diterima, penulis yang bersangkutan akan dihubungi untuk melakukan pembayaran yang diperlukan dari biaya penanganan naskah. Harap perhatikan bahwa pada sistem manajemen manuskrip, opsi pembayaran hanya diaktifkan untuk manuskrip yang telah diterima untuk publikasi.